Senin, 23 Mei 2016

Pendeta yang Pernah Bertugas di HKBP Menteng Lama

DIKUTIP dari Buku "Hendaklah kamu takut kepada Allah", Perjalanan HKBP Ressort Menteng Lama pada dari tahun 1959 sampai 2009, Halaman 185 - 187

Pada waktu jemaat HKBP Menteng Lama diresmikan pada tanggal 1 November 1959 oleh Praeses Distrik IX, yang juga adalah Pendeta Pessort Kernolong, yaitu Pdt. K. Simatupang, jemaat HKBP Menteng Lama belum memiliki seorang pendeta tetap. Yang diangkat menjadi Wakil Guru Huria adalah St. Mangaraja Gultom.

Pada tanggal 1 November 1959 St. J.K. Panggabean yang berdomisili di Jl. Surabaya Timur 3, masuk wilayah Jakarta Pusat, dengan surat resmi mendaftarkan diri sebagai anggota jemaat HKBP Menteng Lama dan sekaligus meminta untuk diterima menjadi Parhalado.

Karena pada saat itu kedudukan St. J.K. Panggabean adalah anggota Kerkbestuur Distrik IX HKBP, maka berdasarkan peraturan huria yang ditetapkan di Sinode Godang tahun 1957 (lih. halaman 41 XV No. 3), maka ybs. secara otomatis diterima menjadi Parhalado di jemaat yang baru. Hal tersebut dipertegas oleh Pendeta Ressort Pdt. K. Simatupang, dalam catatannya di lembar surat tersebut bahwa permintaan St. J.K. Panggabean tersebut tidak perlu dibicarakan atau dibahas melalui rapat resmi karena sesuai aturan yang berlaku status Parhalado yang bersangkutan tetap sekalipun pindah jemaat.
Selain itu, selama 26 tahun sebelumnya St. J.K. Panggabean sudah aktif sebagai Anggota Majelis di jemaat terdahulu yakni HKBP Kernolong dan sudah pernah menjadi anggota Majelis Pusat/Utusan ke Sinode Godang. Beliau juga adalah seorang pengusaha dan pernah menjadi anggota MPRS, sehingga perpindahannya ke HKBP Menteng Lama membawa pengaruh yang sangat besar dalam pertumbuhan pelayanan di jemaat dan dalam hubungan dengan pihak luar.

Pada bulan Januari 1960 HKBP mengangkat Pdt. Godfried Sitompul, S.Th. seorang pendeta muda yang baru lulus dari STT Jakarta menjadi Wakil Pendeta Ressort berkedudukan di HKBP Kernolong khusus untuk melayani di HKBP Menteng Lama. Beliaulah pendeta pertama yang melayani di jemaat HKBP Menteng Lama sejak bulan Januari 1960 hingga dipindahkan ke HKBP Padang pada bulan Agustus 1962.

Sejak perpindahan Pdt. Godfried Sitompul pada bulan Agustus 1962 hingga 6 Juni 1969 di jemaat HKBP Menteng Lama belum ada pendeta tetap yang ditempatkan. Dalam periode tersebut pelayanan sehari-hari dijalankan oleh anggota majelis / para sintua, sementara untuk pelayanan khusus seperti sakramen, khotbah hari Minggu serta acara-acara khusus lainnya dipimpin oleh pendeta yang diundang dari jemaat tetangga, diantaranya : Pdt. C. Kainama, Pdt. Rompas, Pdt. R.M. Luntungan, Pdt. W.J. Rumambi, Pdt. Prof. DR. Latuihamalo, Pdt. Prof. DR. J.L. Ch. Abineno, Pdt. M. Abednego, dan lain-lain. Penempatan pendeta tetap di HKBP Menteng Lama baru dapat terlaksana mulai tanggal 6 Juni 1969.
Kedua belas Pdt. Poltak Novis Napitupulu, STh dilantik pada tanggal 20 Januari 2013 sebagai Pendeta Ressort HKBP Menteng Lama sampai sekarang, menggantikan Pdt. Nasser Abednego Silalahi, STh yang dilantik menjadi Praeses HKBP Distrik VIII DEBOSKAB 


Daftar para pendeta yang melayani di jemaat HKBP Menteng Lama adalah sebagai berikut:






Tidak ada komentar:

Posting Komentar