Minggu, 20 Januari 2013

Lomba Pembuatan Taman Gereja dalam rangka HUT ke 53 tahun




      Lomba Pembuatan Taman Gereja ini dibuat adalah untuk menggugah rasa kepedulian jemaat kita terhadap lingkungan gereja kita melalui paduan suara gereja yang ada, serta memupuk rasa kebersamaan jemaat untuk dapat saling bekerjasama.




 Pelaksanaan lomba dimulai pada tanggal 07 Oktober dan selesai pada tanggal 3 November 2012, penilaian dilakukan mulai dari pembuatan sampai dengan selesai, dimana dalam penilaian yang dilakukan merupakan proses pembuatan taman tersebut, bukan bentuk fisik dari hasil terakhir.

Dimana sesuai dengan kesepakan bahwa segala pembiayaan yang dikeluarkan dalam pembuatan taman tersebut merupakan sumbagan dari masing-masing paduan suara, sedangkan hadiah untuk pemenang lomba diberikan uang untuk pembinaan masing-masing paduan suara. Hadiah untuk pemenang lomba taman merupakan sumbangan dari jemaat gereja kita.


Lomba pembuatan taman gereja ini dibagi menjadi beberapa kategori peserta perlombaan antara lain :
1)    Punguan Seksi Ama
2)    Punguan Seksi Ina
3)    Punguan Seksi Naposobulung
4)    Seksi Remaja dan Sekolah Minggu
5)    Paduan Suara Gabungan
6)    Paduan Suara Misioner
7)    Paduan Suara Alumni

Dimana pembagian lokasi kavling taman, antara lain :
1)    Lokasi Kavling 1, yang berada di depan kantor gereja untuk Punguan Seksi Ama
2)    Lokasi Kavling 2, yang berada di sepanjang tembok didepan gereja untuk Punguan Seksi Ina
3)    Lokasi Kavling 3, yang berada di belakang Konstitori untuk seksi Naposobulung
4)    Lokasi kavling 4, yang berada dibelakang gedung gereja untuk seksi Remaja dan Sekolah Minggu
5)    Lokasi kavling 5, yang berada didepan konstitori dan menara gereja untuk Paduan Suara Gabungan
6)    Lokasi kavling 6, yang berada sebelah kiri jalan menuju ruang serbaguna atau disebalah tembok depan pintu gerbang gereja untuk Paduan Suara Misioner
7)    Lokasi kavling 7, yang berada didepan perpustakaan atau didepan pintu masuk rumah Pendeta untuk paduan Suara Alumni


Tim Juri Penilain Lomba Taman terdiri dari :
1.    Pdt. NA. Silalahi, STh
2.    Pdt. R. Batubara, STh

Pemenang dan Kategori Penilaian lomba, adalah:

1.    Kategori Inovasi Taman :
Penilaian Inovasi adalah menciptakan sesuatu yang baru, merubah yang sebelumnya tidak ada menjadi ada atau berbeda dari bentuk sebelumnya, dengan memunculkan ide-ide-ide yang baru. Misalnya awalnya taman merupakan tanah rusak, genangan air, tidak memiliki jenis bunga yang bagus atau tidak ada bunga sama sekali kemudian dirubah bentuknya berbeda secara total menjadi taman yang indah dengan menampilkan bantuk yang baru.
Pemenangnya adalah “PS. ALUMNI”, mendapat dana pembinaan sebesar Rp. 200.000,-


2.    Kategori Kreativitas Taman:
Penilaian Kreatifitas adalah pembuatan taman yang melibatkan pemunculan gagasan atau konsep baru pembuatan atau bentuk taman yang berbeda dengan desain dari yang lainnya, dengan memunculkan suatu hal bentuk yang mempunyai ciri khas tertentu.
Pemenangnya adalah SEKSI NAPOSOBULUNG”, mendapat dana pembinaan sebesar Rp. 200.000,-


3.    Kategori Kebersamaan Taman
Kategori Kebersamaan adalah dimana dalam pembuatan taman tersebut tidak adanya unsure paksaan atau membuat dengan rasa kerelaan, Dimana dalam pebuatan taman tersebut dilakukan oleh dasar sebuah hubungan sosial yang saling memahami, mau mendengar, mau berbagi dan mau untuk peduli. Serta menginisiasi pembuatan taman yang didasarkan kepedulian dan keinginan untuk membuat taman yang indah, sehingga dapat membangkitkan semangat yang lainnya untuk mau berkreasi.
Pemenangnya adalah SEKSI AMA”, mendapat dana pembinaan sebesar Rp. 200.000,-


4.    Kategori Semangat Taman
Kategori Semangat adalah : penilaian menyatakan bahwa semangat kerja atau moral kerja untuk membuat taman dimana mempunyai sikap kesediaan perasaan yang memungkinkan seorang jemaat untuk menghasilkan kerja yang lebih banyak dan lebih tanpa mempertimbangkan keletihan, umur, biaya yang menyebabkan jemaat memiliki antusias ikut serta dalam kegiatan-kegiatan dan usaha-usaha kelompok sekerjanya, dan membuat jemaat yang lainnya tidak mudah kena pengaruh dari luar.
Pemenangnya adalah PS. GABUNGAN”, mendapat dana pembinaan sebesar Rp. 200.000,-


5.    Kategori Keindahan Taman
Kategori Keindahan adalah : taman yang dibuatnya yang mendatangkan rasa senang bagi yang melihatnya, susunan yang teratur dari bagian yang erat antara satu dengan lainnya, sesuatu yang memiliki proporsi yang harmonis,  keserasian obyek dengan tujuannya, Keindahan atau keserasian diwujudkan dalam bentuk ukuran, perpaduan atau keseimbangan.
Pemenangnya adalah PS. MISSIONER”, mendapat dana pembinaan sebesar Rp. 200.000,-
 
6.    Kategori Kerapian dan Keseraian
Suatu hal yang dibuat dengan pertimbangan dan perhitungan sehingga menghasilkan sesuatu yang indah dipandang mata.
Keserasian adalah kemampuan menata sesuatu yang dapat dinikmati orang lain karena indah. Keserasian itu dikatakan indah karena cocok, sesuai, pantas, serta keterpaduan beberapa kualitas. Contohnya : kemampuan menata dekorasi dalam taman, merias taman,  cara pemilihan bunga, ataupun taman dengan aneka warna bunga serasi dengan kondisi lokasi taman. Dalam penataan itu terdapat keterpaduan beberapa kualitas, yaitu ukuran, warna, tata letak, susunan, macam bahan dalam satu komposisi yang cocok, sesuai dan pantas. Oleh karena itu, dapat dinyatakan bahwa keserasian pada dasarnya adalah sejumlah kualitas yang terdapat pada suatu penataan.
Pemenangnya adalah SEKSI INA”, mendapat dana pembinaan sebesar Rp. 200.000,-


7.    Juara Umum Taman
Penilaian ini didasarkan bahwa tamannya tersebut memiliki semua dari 6 (enam) kategori (Inovasi, Kreativitas, Kebersamaan, Semangat, Keindahan, Kerapian dan Keserasian). Pemenangnya adalah Remaja dan Sekolah Minggu”, mendapat dana pembinaan sebesar Rp. 400.000,-. Dimana mereka membuat konsep taman apotik hidup, dengan menanam berbagai tumbuhan yang bermanfaat yang dapat dikonsumsi. 


Pengumuman dan penyerahan hadiah bagi pemenang dilakukan pada puncak acara Gotilon dan HUT ke 53 tahun, penyerahan hadiah dilakukan oleh :
1.    Ny. Pdt. NA. Silalahi/br. Sialangan, untuk kategori : Kategori Inovasi Taman dan Kategori Kreativitas Taman
2.    Ny. St. T. Simajuntak/br. Sinaga, untuk kategori : Kategori Kebersamaan Taman, dan Kategori Semangat Taman
3.    Ny. St. Pangabea/br. Sitompul, untuk kategori : Kategori Keindahan Taman, Kategori Kerapian dan Keseraian, serta Juara Umum 










Tidak ada komentar:

Posting Komentar