Minggu, 20 Januari 2013

Pelaksanan Pesta Perayaan Gotilon dan HUT ke-53 Tahun HKBP Menteng Lama



 
Gereja HKBP Menteng Lama diresmikan pada tanggal 1 November 1959, sehingga pada tahun 2012 genap dengan usianya ke-53 tahun. Seluruh Jemaat menyambut Hut ini dengan mengadakan Pesta Huria, dalam pelaksanaan pesta Gotilon dan HUT ke-53 HKBP Menteng Lama dengan pertimbangan untuk menghemat biaya pesta perayaan serta keterbatasan waktu jemaat dan huria sehingga pelaksanaannya digabung menjadi satu pesta perayaan yang mana dilaksanakan di Halaman Gereja kita, pada hari minggu tanggal 11 November 2012. 
 
Pesta perayaan Gotilon dan HUT ke 53 Tahun dengan Tema : “Ingatlah penebusan Yesus terhadap kita dari dosa” diambil dari Ibrani 9 : 24-28, serta dengan Sub Tema : “Orang yang telah ditebus hendaklah bersatu, berdamai dan saling mengasihi”.

Perayaan ini dilakukan dengan melakukan kegiatan Ibadah syukuran pagi, dimana jemaat yang hadir diperkirakan sekitar 400 orang, pada ibadah tersebut jemaat memberikan silua sebagai ucapan syukurnya. 

Pada acara kebaktian minggu pagi dipesta perayaan dilakukan Koor bersama atau “Koor Hatopan” dimana merupakan gabungan dari semua paduan suara gereja dengan menyanyikan lagu Koor “Balgatutu”. Dalam persiapakan koor ini juga dilakukan latihan bersama sebanyak 2 kali pada hari minggu setelah ibadah selesai, diamana dalam pelaksanannya  dikoordinir oleh Athur Silalahi.

Pesta perayaan Gotilon/HUT dimulai dengan dilakukukannya peniupan lilin dan pemotongan kue HUT ke 53 tahun yang dilakukan oleh Pimpinan Jemaat Pdt. NA. Silalahi bersama-sama dengan ketua panitia yang di saksikan oleh seluruh jemaat yang hadir.

Acara dilanjutkan dengan makan siang bersama dengan seluruh jemaat. Dimana seksi konsumsi dengan melibatkan seluruh seksi perompuan membantu untuk menyiapkan pelayanan hidangan pada acara makan tersebut. Sedangkan makanan bagi anak-anak Sekolah Minggu yang ikut pada acara tersebut disiapkan konsumsi berupa KFC. Seluruh konsumsi dan kue ulang tahun ke 53 tahun merupakan sumbangan dari pada jemaat.

Pada acara tersebut juga dilakukan penjualan parcel buah-buahan yang merupakan sumbangan dari masing-masing Paduan Suara serta jemaat yang mana masing-masing satu paket parcel dijual bervariasi, dengan harga termurah sebesar Rp. 100.000.

Beberapa kegiatan hiburan yang lain dalam meramaikan perayaan Gotilon tersebut dilakukan beberapa kegiatan antara lain seperti :
  1. Lelang Gotong-royong
  2. Pencabutan nomor kupon sumbangan undian berhadiah 
  3. Persembahan lagu dari jemaat
  4. Menortor antara lain : Tor-tor dari Pendeta, perwakilan Panitia dan parhalado, Tor-tor dari sekolah Minggu, Tor-tor dari Remaja dan Naposobulung, tor-tor Ina Perempuan
  5. Lelang pengalangan dana (lelang barang dan lagu)
  6. Pngumuman dan pembagian hadian pemenang lomba gerak jalan, senam poco-poco dan lomba pembuatan taman

Penampilan astis lokal gereja pada pesta perayaan Gotilon kembali juga diramaikan dengan penampilan nyayian oleh Trio, yang merupakan group musik dari jemaat gereja HKBP Menteng Lama, dimana mereka sangat menghibur dengan membawakan lagu-lagu daerah batak. Hiburaan pujian juga dibawakan oleh Pendeta NA. Silalahi dan beberapa jemaat serta setiap pembawaan lagu dilelang ke jemaat. Diakhir acara teserbut terkumpul dana dari hasil beberapa kegiatan yang mana perincian seperti pada laporan keuangan.

https://www.facebook.com/media/set/?set=a.430573273672066.98982.100001581913427&type=3 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar