Minggu, 20 Januari 2013

Perayaan Natal Sekolah Minggu Tahun 2012


Sekolah Minggu HKBP Menteng Lama mengadakan kegiatan Perayaan Natal untuk sekolah minggu yang dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 15 Desember 2012 yang dimulai dari pukul 16.30 WIB.

Makna dari perayaan Natal yang selalu kita rayakan setiap tahun adalah kasih, dimana rancangan kasih keselamatan Allah pada manusia digenapkan melalui kelahiran Anak-Nya Yesus Kristus ke dunia ini. Untuk itu kita perlu menanamkan makna tersebut dalam hati setiap Anak Sekolah Minggu HKBP Menteng Lama. Pada perayaan Natal tahun ini kita mengajak Anak Sekolah Minggu untuk dapat memaknai arti Natal dengan lebih baik lagi dan Mengajarkan mereka untuk lebih bersyukur lagi atas semua yang kita miliki dan rasakan pada saat Natal itu sendiri dan sukacita yang Abadi itu Hanya Karena Yesus Kristus yang telah lahir ke dunia ini. 


Tema              : “Kita mengasihi karena Allah lebih dahulu mengasihi kita” (1 Yohanes 4:19)
Sub Tema      : “Anak-anak Sekolah Minggu, marilah kita saling mengasihi seperti Yesus mengasihi semua orang.”

Natal kali ini menekankan untuk kesederhanaan dalam memaknai natal. Memaknai natal bukan hanya sekedar baju baru dan kemewahan tapi melalui kesederhanaan kita juga dapat merayakan natal dengan hikmat dan baik. Sehingga dengan itu akan menanamkan terhadap anak tentang kesederhanaan dalam penyambutan kelahiran Yesus Kristus ke dunia ini. 


Tujuan diadakannya perayaan Natal Sekolah Minggu HKBP Menteng Lama adalah:
1.    Anak Sekolah Minggu memahami arti Natal yang sesungguhnya, yaitu kelahiran Yesus Kristus ke dunia bagi semua anak Kristus.
2.    Anak Sekolah Minggu menyambut kelahiran Yesus Kristus ke dunia dengan kesederhanaan yang penuh Sukacita dan mensyukuri segala kasih karunia yang selama ini boleh mereka terima.
3.    Dengan Bersyukur mereka boleh lebih menghargai segala sesuatu yang mereka miliki saat ini.

Natal Sekolah Minggu HKBP Menteng Lama 2012 menargetkan jumlah anak sekolah minggu dan guru sekolah minggu berkisar 100 orang dan jumlah jemaat berkisar 200 orang. Secara garis besar Natal Sekolah Minggu HKBP Menteng Lama 2012 memiliki konsep acara sebagai berikut :Ibadah, Liturgi yang berupa drama singkat dan Koor 


Susunan Panitia
Penasehat                               : Pdt N. Silalahi
Penanggungjawab                  : Dewan Koinonia dan Ny. Lani Gultom/ Br. Panggabean
Koord. Natal                            : Naomi Situmorang
Sie Acara                                : Olga Tambunan, Ny. Christina Lumbanbatu/br. Pardede (Liturgi) dan Impola Panggabean (Koor)
Sie Perlengkapan                   : Ny. Catrine manurung/ Br. Sitorus dan Agus Pasaribu
Sie Dokumentasi                    : Margaretha Panggabean dan Gabriela Sihombing             
Sie Konsumsi                          : Fransisca Silalahi dan Pretty Sihite


KONSEP ACARA, Kebaktian Natal Sekolah Minggu

Kebaktian berlangsung selama +/- 2 jam yang di mulai dari pukul 16.00 – 19.00. dan di dalam kebaktian ini bernuansakan kesederhanaan yang diiringi oleh para pemusik yang terdiri dari gitar melodi, gitar bass, piano dan drummer. Dan pada satu lagu saat mengiring jemaat bernyanyi ensemble anak sekolah bersama para pemusik dapat mengiring jemaat. Semua liturgi menggunakan drama singkat yang mengikuti alur tata ibadah. Dan acara ini di buat menyatu dengan perayaan dan dapat berjalan dengan tata ibadah yang ada. Untuk pembicara dapat menggunakan alat peraga yang bertemakan anak2 dan tidak terlalu memakan waktu untuk menyiapkan di altar dan berbahasa komunikatif dengan jemaat.

KONSEP DEKORASI, Kebaktian Natal Sekolah Minggu

Dari depan gerbang sudah di pasang spanduk kreatif anak sekolah minggu tentang natal. Dan sepanjang dinding luar gereja dibuat seperti pameran prakarya anak yang diisi dengan aktifitas anak ataupun foto2. Ini bertujuan untuk memperkenalkan sekolah minggu kepada jemaat dan dapat menjadi bukti kegiatan sekolah minggu untuk diketahui jemaat. Saat memasuki meja penerima tamu akan disambut oleh parhalado yang menggunakan kostum Maria dan Yusuf. Serta menyiapkan palungan yang berisikan kembang semat. Dan di depan pintu utama akan terdapat pohon natal kreasi anak dengan tulisan harapan anak – anak mengenai sekolah minggu kita. Dinding ditempel gambar perjalan hidup Yesus. Saat di altar pemusik akan ada di pojok kiri jemaat , serta akan ada palungan dan kandang domba  dan di posisi ini akan ada slide untuk liturgi. Pada kedua pilar altar akan ada spanduk natal sekolah minggu terbentang. Dan pada  posisi kanan jemaat ada slide untuk liturgi dan tepat dibawah ini akan ada pohon natal besar dan kado.

Panitia menyampaikan terima kasih bagi seluruh pihak yang telah mengambil bagian dalam serangkaian kegiatan ini. Kiranya natal ini akan memupukan semangat seluruh Guru dan Anak Sekolah Minggu HKBP Menteng Lama dalam melayani Tuhan Yesus untuk kemuliaan-Nya.


           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar